Kamis, 09 Oktober 2014

Memanfaatkan

Dapet cerita yang lumayan benar..

Max Beerbohm, seorang kritikus dan karikatunis yang meninggal tahun 1958, pernah mengatakan bahwa kecemburuan orang pintar terhadap orang-orang bodoh selalu bisa diredakan oleh harapan untuk bisa "memanfaatkan" orang bodoh tersebut. Namun, kekonyolan tidak berhenti di sini, karena ternyata banyak orang pintar pun gampang 'dikerjain' orang lain.
Siapa tak kenal Thomas Alva Edison, penemu terkenal. dalam hidupnya ia menggantungi 3000 hak paten penemuan ilmiah. ia tinggal di sebuah rumah dengan pagar besi dimana para tamu yang masuk harus membuka pagar besi yang sangat berat dan kemudian menutupnya sampai benar-benar tertutup.

Sebagai ilmuwan yang produktif, tentu banyak tamu yang berkunjung. Apalagi, ia pernah memiliki pabrik dan laboratorium dengan 300 karyawan. Suatu ketika teman Edison mengeluh betapa lelahnya dengan pagar besi rumah Edison. denan mengedipkan ekor matanya, Edison mengantarkan   temannya naik tanggga menuju atap rumahnya. Sang teman heran apa maksud dar Edison.

"Engkau pasti tidak tahu," ujar Edison, "Setiap kali ada orang yang membuka dan menutup pintu gerbang, secara otomatis akan memompa satu galon air ke dalam penampungan air disini."

Itulah kelebihan seorang Thomas Alva EEdison. Benar kata Aristoteles, tidak pernah ada orang genius tanpa diwarnai dengan kesintingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar